Oleh-oleh khas Bali Kekinian – Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, Bali memiliki sejumlah daya tarik yang menarik untuk dijelajahi. Di setiap daerahnya terdapat ciri khasnya masing-masing, menjadikan nilai tambah untuk potensi pariwisata di Bali.

Jalan-Jalan ke Bali tanpa membawa pulang oleh-oleh tentu akan terasa belum sempurna. Sayang sekali kalau kita sudah menjelajahi tempat-tempat wisata di Bali tapi tidak ada sesuatu yang unik untuk dijadikan kenang-kenangan. Maka dari itu, sebagai bahan rekomendasi untuk mencari tahu oleh-oleh apa saja yang menarik, kali ini kita akan membahas oleh-oleh khas Bali kekinian yang wajib kamu bawa pulang!

1. Pie Susu Bali

Oleh Oleh Khas Bali Kekinian - Pie Susu
*piesusubliman

Pie susu adalah oleh-oleh khas Bali kekinian paling populer dengan berbagai varian rasa yang bisa kita pilih. Salah satu gerai pie susu Bali yang bisa kita sambangi adalah “Pie Susu Asli Enaaak” yang berlokasi di Jl. Nangka Selatan No. 163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Walaupun toko ini selalu dipenuhi antrian wisatawan yang hendak membeli oleh-oleh dari Bali, tapi soal kualitas rasanya dijamin tidak akan mengecewakan.

Harga: Mulai dari Rp30.000/box

2. Pia Legong

Oleh oleh khas bali kekinian - Pia Legong
via : kura2guide

Oleh-oleh khas Bali kekinian selanjutnya ada Pia Legong, kue mini dengan tiga isian yang bisa kita pilih, seperti kacang hijau, coklat, dan keju. Toko yang menjual Pia Legong berada di area kompleks Kuta Megah di Jl. Bypass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15 (dekat bandara Internasional Ngurah Rai). Oleh-oleh khas Bali kekinian yang satu ini tidak menggunakan mesin dalam proses pembuatannya, sehingga rasa kue yang dihasilkan bisa lebih terjaga kualitasnya.

  • Harga: Mulai dari Rp100.000/box

3. Kerajinan Perak Chez Monique Jewelry

Oleh Oleh Khas Bali Kekinian - Chez Monique Jewelry
via : chezmoniquejewelry

Kepopuleran kerajinan serta perhiasan peraknya, banyak sekali wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi Chez Monique Jewelry untuk mendapatkan berbagai kerajinan perak yang ditawarkan di toko perhiasan ini. Kerajinan perak yang dibuat adalah kalung, anting, cincin, gelang, dll. Perhiasan ini merupakan oleh-oleh khas Bali kekinian yang hanya bisa kamu dapatkan di Chez Monique Jewelry. Lokasinya berada di Jl Hanoman No.36, Ubud.

  • Harga: Mulai dari Rp400.000

4. Kerajinan Alami Taru Cendana Handicraft

Oleh Oleh Khas Bali Kekinian - Kerajinan Alami Taru Cendana Handicraft
via : wandernesia

Masyarakat Bali memang terkenal dengan kreatifitasnya yang tidak pernah ada habisnya, pantas saja oleh-oleh kerajinan tangan di Bali selalu terlihat unik dan beda. Salah satunya adalah kerajinan berbahan alami di Taru Cendana Handicraft. Kerajinan tangan yang bisa kita temukan disini meliputi perhiasan, properti pajangan, dan pernak-pernik lainnya. Rata-rata bahan yang digunakan berasal dari pohon kelapa, mulai dari batok hingga batang pohonnya.

  • Harga: Mulai dari Rp20.000

5. Juruh Lontar

Oleh Oleh Khas Bali - Juruh Lontar
via : kmgram

Juruh lontar selalu identik dengan maple syrup ala barat. Tapi bedanya, juruh lontar khas bali terdiri dari gula yang dibuat dengan teknik tradisional ala masyarakat Buleleng. Rasa manis serta teksturnya memang begitu mirip dengan sirup maple. Selain itu, Juruh Lontar juga bisa dijadikan pemanis alami untuk berbagai hidangan yang kita buat. Oleh-oleh khas Bali kekinian yang satu ini sangat mencerminkan tradisi Bali! Untuk mendapatkannya, kamu bisa berkunjung ke daerah Buleleng, tidak sulit menemukannya disana.

  • Harga: Mulai dari Rp15.000/kg

6. Lukisan Khas Bali

Oleh Oleh Khas Bali Kekinian - Lukisan Khas Bali
via : travel Kompas

Dengan menyalurkan bakat kreatifitasnya, masyarakat Bali sanggup menghasilkan benda-benda seni yang menarik untuk dijadikan oleh oleh khas Bali kekinian. Salah satunya adalah lukisan. Untuk bisa menemukan lukisan khas Bali terbaik dengan harga terjangkau, kamu bisa mengunjungi Pasar Ubud. Sambil melihat-lihat lukisan khas Bali disana, kamu juga bisa sekaligus mencari souvenir lainnya.

  • Harga: Mulai dari Rp50.000

7. Lukisan Daun Lontar

Lukisan Daun Lontar
via : kratonpedia

Mencari sesuatu yang unik? Kamu bisa coba oleh-oleh khas Bali kekinian yang satu ini! Lukisan daun lontar dibuat menggunakan media kemiri bakar sebagai tinta. Rata-rata, lukisan yang dibuat berupa motif tradisional (tribal) khas Bali, gambar tokoh, puisi, dll. Lukisan daun lontar bisa kita temukan di desa Tenganan, Karangasem. Desa ini juga termasuk salah satu sentra produksi lukisan daun lontar.

  • Harga: Mulai dari Rp100.000

8. Roti Ayam Betutu

Roti Ayam Betutu
via : google

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah Roti Ayam Betutu. kain tenun ikat khas Bali dengan berbagai pilihan motif unik dan cantik. Sebagian besar orang mungkin sudah tahu bahwa ayam betutu termasuk kuliner khas Bali yang sangat populer. Agar masakan tradisional ini bisa terus dilestarikan, diciptakanlah inovasi baru berupa roti dengan isian daging ayam betutu yang sudah diolah dengan rempah-rempah khas Bali.

  • Harga: Mulai dari Rp65.000/box

9. Nugget Ubi

Nugget Ubi
via : cookpad

Setelah dilanda demam nugget pisang, kali ini nugget ubi yang menjadi kudapan kekinian di Bali! Sesuai dengan namanya, nugget ini dibuat dari bahan dasar ubi yang sudah diolah dengan tambahan resep tertentu. Salah satu gerai nugget ubi yang bisa kamu coba adalah Nubi Nona, yang berlokasi di kawasan Pemogan. Nugget ubi disini tersedia dalam berbagai varian rasa dengan aneka topping tambahan seperti chocomaltine, stroberi, grentea, dan vanilla.

  • Harga: Mulai dari Rp12.000

10. Crazy Bali Helmets

Crazy Bali Helmet
via : Trip Canvas

Berikutnya yang tak kalah unik dan menarik adalah Crazy Bali Helmets. Sesuai dengan namanya, helm ini memiliki desain layaknya monster jalanan. Ada yang bertanduk, bermotif tengkorak, dan ada juga yang dilengkapi dengan masker topeng tengkorak! Oleh-oleh khas Bali kekinian ini sangat cocok untuk kamu yang senang berkendara dengan motor besar. Untuk mendapatkan helm ini, kamu bisa menemukannya di kawasan-kawasan wisata terkenal seperti Seminyak, Kuta, dan Legian. Tidak sulit untuk mencari helm ini.

  • Harga: Mulai dari Rp300.000