Siapa bilang kalau hidangan khas Bali selalu dibuat dengan bahan dasar non-halal? Pada kenyataannya, banyak sekali makanan khas Bali halal yang bisa kita coba! Tapi kalau kamu tidak memiliki referensi tentang makanan-makanan khas bali yang halal, kamu bisa coba salah satu dari daftar makanan halal yang akan kita bahas kali ini.

1. Ayam dan Bebek Betutu

Ayam dan Bebek Betutu
via: notepam.com

Ayam/bebek betutu adalah makanan khas Bali yang dibuat dengan rempah-rempah tradisional. Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat kuat, gurih, sekaligus empuk.

Bahan dasar:

Daging ayam/bebek, base genep (lengkuas, kencur, kunyit, bawang, cabe, kemiri, lada, buah pala, cengkeh, tabiya bun, bangle, daun jinten, jangu, wewangen, dll), jeruk nipis, garam, dll.

2. Bubur Mengguh

Bubur Mengguh
via: tradisionalindonesiafood.blogspot.com

Makanan khas Bali halal yang satu ini sangat cocok disantap sebagai sarapan. Cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas akan membuat pagimu terasa lebih bersemangat!

Bahan dasar:

Beras, santan, ayam suir, kacang-kacangan, urap sayur, kaldu bubuk, lengkuas, daun salam, kuah kari, dll.

3. Serombotan

Serombotan
via: Kumparan

Makanan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk para vegetarian yang ingin mencicipi salad ala Bali. Serombotan terdiri dari perpaduan sayuran rebus dengan kuah santan khas Bali.

Bahan dasar:

Sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, kubis, kalas (santan dengan campuran kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, saus kacang, bumbu cabai).

4. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo
via: kintamani.id

Nasi Jinggo adalah makanan yang disajikan dalam porsi kecil, mirip seperti nasi kucing khas Jawa Tengah. Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai daerah di Bali.

Bahan dasar:

Nasi, lauk pauk sederhana seperti tempe, ayam suir, serundeng, sambal goreng, telur, mie, dll.

5. Lawar Putih

Lawar Putih
via: cookpad.com

Lawar memiliki berbagai jenis, yang paling umum adalah lawar merah dan lawar putih. Kalau kamu seorang Muslim, pilihlah lawar yang putih.

Bahan dasar:

Aneka sayuran rebus (nangka muda, daun jarak, pepaya muda, dll), kelapa panggang, daging cincang (ayam/bebek/sapi), kacang-kacangan, dll.

6. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng
via: ksmtour.com

Makanan khas Bali halal ini dibuat dengan berbagai sayuran yang dipadukan dengan nasi. Nasi Tepeng biasa disajikan diatas daun pisang.

Bahan dasar:

Nasi, aneka sayuran (kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut), basa genep (lengkuas, kencur, kunyit, bawang, cabe, kemiri, lada, buah pala, cengkeh, tabiya bun, bangle, daun jinten, jangu, wewangen, dll).

7. Sate Lilit

Sate Lilit
via: Tastemade

Sate khas Bali ini memiliki aroma yang sangat wangi karena dipanggang bersama batang serai. Rempah-rempahnya sangat terasa kuat, gurih, sekaligus pedas.

Bahan dasar:

Daging ikan, tepung, aneka rempah-rempah tradisional Bali, serai, dll.

8. Tum Ayam

Tum Ayam
via: kooliner.com

Makanan ini merupakan pepes ayam khas Bali yang wajib kamu coba! Rasanya sangat lezat karena dibuat dengan berbagai rempah yang dipadukan dengan santan.

Bahan dasar:

Pepes daging ayam cincang, santan, garam, aneka rempah-rempah tradisional Bali, dll.

9. Entil

Entil
via: kintamani.id

Kalau kamu penasaran ingin mencicipi kupat atau lontong khas Bali, kamu harus mencoba entil. Makanan ini banyak dijumpai di warung-warung makan di Bali.

Bahan dasar:

Beras, santan, daun telengidi, bayam, kecambah, kacang panjang, sambal kelapa, sambal goreng, dll.

10. Timbungan Ayam & Ikan

Timbungan Ayam & Ikan
via: incipincip.com

Timbungan adalah makanan yang dibuat dengan cara diawetkan menggunakan media bambu. Di dalamnya terdapat berbagai campuran sayuran dan daging.

Bahan dasar:

Daging ayam atau daging ikan, bambu, daun sela, kemiri, ketumbar, jahe, terasi, dll.

11. Rujak Kuah Pindang (Rujak Gelogor)

Rujak Kuah Pindang (Rujak Gelogor)
via: kintamani.id

Kalau kamu suka makanan pedas, rujak gelogor adalah pilihan yang tepat. Rujak ini terdiri dari berbagai campuran buah-buahan dengan kuah ikan pindang.

Bahan dasar:

Aneka buah-buahan (mangga muda, nanas, timun, bengkoang, jambu air, dll), cabai, terasi, dan kuah ikan pindang.

12. Laklak

Laklak
via: kooliner.com

Makanan khas Bali halal selanjutnya adalah laklak. Laklak adalah sejenis kue beras yang diolah dengan air daun suji dan air daun pandan. Teksturnya sangat lembut dengan cita rasa manis.

Bahan dasar:

Tepung beras, garam, santan, air daun suji, air daun pandan, dan aneka isian.

13. Tipat Cantok Bali

Tipat Cantok Bali
via: ytimg.com

Selanjutnya ada ketupat khas Bali. Ketupat ini dibuat dengan cara diulek bersama bumbu-bumbu dan bahan pelengkap lainnya. Rasanya pun tak kalah lezat dengan ketupat jenis lainnya.

Bahan dasar:

Lontong/ketupat, janur, gula merah, cabai, garam, jeruk limau, kencur, kacang tanah, santan, kacang panjang, tauge, dan kangkung.

14. Nasi Pedas Bali

Nasi Pedas Bali
via: qraved.co

Dari penampilannya Nasi Pedas Bali tampak mirip dengan Nasi Rames khas Jawa, hanya saja makanan ini memiliki cita rasa pedas, sesuai dengan namanya.

Bahan dasar:

Nasi, sambal, tempe orek, serundeng, sayur tumis, daging, telur, ati/ampela, ayam sayur, uraban, mie, dll.

15. Bebek Goreng Bali

Bebek Goreng Bali
via: Tribun Jabar

Bebek Goreng yang satu ini tidak sama dengan bebek goreng yang biasa dijumpai di kedai pecel lele. Bebek Goreng Bali dibuat dengan racikan rempah khas Bali.

Bahan dasar:

Daging bebek, jeruk nipis,  jahe, lengkuas, kencur, bawang putih, terasi goreng, merica, gula, garam, ketumbar, minyak sayur, serai, daun salam, dll.

16. Batun Bedil Bali

Batun Bedil Bali
via: balialternative.com

Kalau kamu suka makanan manis, Batun Bedil wajib kamu coba. Makanan ini terdiri dari candil yang memiliki isian, lengkap dengan kuah gula.

Bahan dasar:

Candil, tepung ketan, garam, santan, gula merah, daun pandan, air, parutan kelapa, dll.

17. Nasi Sela Bali

Nasi Sela Bali
via: cookpad.com

Walaupun tampak sama seperti Nasi Pedas Bali, Nasi Sela Bali memiliki ciri khas tersendiri, yaitu cacahan ubi jalar. Makanan ini biasa disajikan dengan berbagai macam lauk.

Bahan dasar:

Nasi, ubi, sayur bejek, grago (udang kecil), kacang tanah, tongkol, sate kulit ayam, kacang panjang, urab sayur, sambal matah, sambal teri, dll.

18. Sudang Lepet Bali

Sudang Lepet Bali
via: deskgram.net

Sudang Lepet adalah sejenis ikan asin yang memiliki bentuk tipis. Makanan ini biasa dijadikan sebagai lauk nasi, dengan sambal matah sebagai pelengkapnya.

Bahan dasar:

Ikan sudang lepet (ikan asin), minyak kelapa, jeruk nipis, sambal matah atau sambal terasi, dll.

19. Sayur Jukut Ares Bali

Sayur Jukut Ares Bali
via: baweansweetheart.com

Sayur ini dibuat dengan bahan dasar batang pohon pisang muda. Ditambah kuah kaldu tulang hewan yang diracik dengan berbagai rempah tradisional.

Bahan dasar:

Batang pohon pisang muda, kaldu tulang hewan (ayam/bebek), jahe, lengkuas, bawang putih, cabai rawit, bawang merah, ketumbar, lada hitam, jeruk nipis, daun salam, dll.

20. Tipat Tahu Grenceng (Kupat Tahu Bali)

Tipat Tahu Grenceng (Kupat Tahu Bali)
via: TripAdvisor

Tipat Tahu Grenceng banyak dijumpai di daerah Banjar Grenceng. Kupat tahu khas Bali ini memiliki cita rasa gurih, manis, sekaligus pedas. Makanan ini paling cocok dihidangkan bersama kerupuk udang.

Bahan dasar:

Kupat, tahu, tauge, telur, bumbu kacang, bawang goreng, kerupuk udang, telur, dll.

21. Rujak Bulung Bali

Rujak Bulung Bali
via: finrollnews.com

Untuk kamu yang penasaran ingin mencicipi rujak dengan bahan dasar rumput laut, kamu bisa coba rujak bulung. Rujak ini dibuat dengan campuran kuah pindang, kacang kedelai, dan parutan kelapa.

Bahan dasar:

Rumput laut, kuah pindang, kacang kedelai goreng, kelapa parut goreng, sambal, kupat, dll

Selain makanan-makanan di atas, kamu juga bisa menemukan berbagai makanan khas Bali halal dengan cita rasa yang tak kalah lezat. Ikuti terus penjelajahan selanjutnya untuk mendapatkan informasi terkini seputar destinasi wisata menarik lainnya!