Cirebon, sebuah kota di pesisir utara pulau Jawa yang terkenal sebagai kota penghasil udang ini punya sejumlah daya tarik wisata yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Dengan sejarah panjangnya, ada banyak objek wisata di Cirebon yang mengandung nilai-nilai sejarah penting. Selain itu, tempat-tempat wisata di Cirebon juga sangat cocok sebagai sarana rekreasi! Maka tak heran kalau wisatawan yang datang ke Cirebon bisa berasal dari berbagai kalangan! Terutama saat memasuki musim libur panjang, kota Cirebon selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Sebagai bahan referensi, berikut kami rangkum beberapa rekomendasi objek wisata di Cirebon untuk liburan yang edukatif dan menyenangkan!

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

via: galamedianews.com

Objek wisata pertama yang wajib dikunjungi kalau mampir ke Cirebon adalah Keraton Kasepuhan! Keraton ini terdiri dari 2 kompleks bangunan, yang pertama yaitu “Dalem Agung Pakungwati”, didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1430an. Dan kompleks kedua yaitu “Keraton Pakungwati”, atau lebih dikenal sebagai Keraton Kasepuhan yang didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529. Pada masa kerajaan Islam, keraton termegah di Cirebon ini merupakan pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon, sekaligus menjadi tempat para penguasanya bertahta.

  • Lokasi: Jl. Kasepuhan No.43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

2. Keraton Kanoman Cirebon

via: republika.co.id

Selain Keraton Kasepuhan, ada satu keraton lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu Keraton Kanoman. Keraton ini didirikan pada tahun 1678 M oleh Pangeran Mohamad Badridin, atau dikenal juga sebagai Pangeran Kertawijaya yang bergelar Sultan Anom I. Di dalam bangunan bersejarah ini tersimpan benda-benda antik bernilai tinggi. Mulai dari kereta Paksi Naga Liman, kereta Jempana, piring porselen Tiongkok, dll.

  • Lokasi: Winaon Kampung Kanoman, Jl. Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

3. Makam Sunan Gunung Jati

via: traveltodayindonesia.com

Makam Sunan Gunung Jati merupakan salah satu objek wisata di Cirebon yang paling populer, khususnya bagi orang-orang yang ingin melakukan wisata religi. Bangunan makam ini memiliki gaya arsitektur khas Tiongkok, Arab, dan Jawa yang dipadukan dengan begitu harmonis. Selain itu, di kompleks ini juga terdapat sembilan pintu yang disusun secara bertingkat. Tapi, khusus untuk beberapa pintu tidak bisa dimasuki sembarangan, pengunjung hanya boleh masuk sampai di pintu ke-5. Sedangkan pintu-pintu selanjutnya hanya boleh dimasuki oleh para keturunan Sunan Gunung Jati.

  • Lokasi: Jalan Raya Sunan Gunung Jati, Astana, Kota Cirebon.

4. Taman Sari Gua Sunyaragi

via: phinemo.com

Setelah dilakukan pemugaran area taman beberapa tahun kebelakang, objek wisata di Cirebon ini kembali ramai dikunjungi wisatawan. Taman Sari Gua Sunyaragi awalnya digunakan sebagai tempat meditasi oleh para petinggi dan prajurit keraton. Bangunan yang terdiri dari gua-gua kecil dan bebatuan ini memiliki gaya arsitektur candi kuno yang sangat kental. Wisatawan yang datang sering menjadikan tempat ini sebagai lokasi hunting foto. Selain itu, disini juga sering diselenggarakan pagelaran kesenian lokal seperti pertunjukan musik, sendratari, sampai pembukaan Festival Keraton Nusantara yang diadakan setiap tahun.

  • Lokasi: Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

5. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

via: dianrentalmobilcirebon.com

Kalau kamu ingin melakukan serangkaian wisata religi di Kota Cirebon, Masjid Agung ini wajib kamu masukan dalam daftar kunjunganmu! Masjid Agung Sang Cipta Rasa berdiri di lokasi yang sama dengan Keraton Kasepuhan. Arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa memiliki nuansa Kerajaan Islam masa lalu yang begitu kental. Ciri khasnya bisa dilihat dari atap masjid yang tidak memiliki kemuncak seperti masjid-masjid pada umumnya. Walaupun tampak sederhana, sejarah masjid ini sangat menarik untuk ditelusuri! Konon, tokoh-tokoh penting dari Kerajaan Demak, Majapahit, Cirebon, Sunan Gunung Jati, bahkan Sunan Kalijaga pun ikut terlibat dalam pembangunannya.

  • Lokasi: Kompleks Keraton Kasepuhan, Jl. Kasepuhan No.43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

6. Ade Irma Suryani Cirebon Waterland

via: samudranesia.id

Objek wisata di Cirebon selanjutnya adalah sebuah waterland terbaru di Cirebon, yaitu Ade Irma Suryani Cirebon Waterland! Tempat ini awalnya merupakan sebuah taman bermain anak pada era 90an yang kemudian sempat terbengkalai. Setelah itu, taman ini dirombak menjadi sebuah wahana permainan air dengan nama Cirebon Waterland dan dibuka pada tahun 2014. Dengan lokasinya yang berada di pesisir pantai, tempat ini juga turut dilengkapi dengan sejumlah cottage pinggir pantai dan restoran. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp50.000 sampai Rp65.000. Tempat ini adalah destinasi ideal untuk liburan yang menyenangkan bersama keluarga!

  • Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

7. Telaga Remis

via: piknikasik.com

Di sekitar kota Cirebon terdapat sebuah telaga indah yang harus kamu kunjungi, yaitu Telaga Remis! Di tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai. Telaga Remis terletak sekitar 20 km dari pusat Kota Cirebon, tepatnya di daerah Kaduela, Kuningan. Pada suatu masa, lokasi ini diyakini sebagai tempat pertapaan Prabu Siliwangi. Bahkan, menurut legenda setempat, awal mula terbentuknya telaga ini masih berkaitan langsung dengan kisah kisah Prabu Siliwangi ketika sedang bertapa disana. Dikisahkan bahwa beliau pernah meminum air embun di lokasi yang awalnya terkenal tandus tersebut. Kemudian, sisa air embun itu dibuang dan berubah menjadi telaga. Terlepas dari itu, tempat ini nyatanya sangat indah dan mempesona!

  • Lokasi: Kaduela, Kuningan.

8. Bukit Gronggong

via: blog.airyrooms.com

Objek wisata di Cirebon selanjutnya adalah Bukit Gronggong, sebuah lokasi hangout dengan pemandangan malam yang mempesona! Dari sini, kita bisa menyaksikan kota Cirebon pada malam hari sambil duduk menikmati secangkir minuman hangat. Sekarang, di sekitar kawasan ini sudah banyak berdiri restoran-restoran dan penginapan. Dengan begitu, liburan pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

  • Lokasi: Patapan, Beber, Kota Cirebon.

9. Sentra Batik Trusmi

via: cirebonarzatour.com

Perjalanan wisata mu belum lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Cirebon, jadi sebaiknya kamu mampir dulu ke kawasan Trusmi yang terkenal dengan kerajinan batiknya! Kawasan Sentra Batik Trusmi adalah rumah bagi para pengrajin batik khas Cirebon. Di sepanjang jalanan tersebut, kamu akan menemukan deretan galeri yang memiliki berbagai koleksi batik bermotif khas mega mendung dengan corak cerah. Untuk yang tertarik belajar membatik, disini juga terdapat kursus membatik bagi wisatawan!

  • Lokasi: Jl. Trusmi, Plered, Kecamatan Weru, Kota Cirebon.

10. Desa Wisata Cikalahang

via: ariechicarito.blogspot.com

Setelah puas berbelanja oleh-oleh batik khas Cirebon, ajaklah rombongan mu ke Desa Wisata Cikalahang untuk menyantap ikan bakar lezat disana! Ya, tempat ini merupakan salah satu objek wisata kuliner di Cirebon. Tapi jangan salah, desa ini bukan sekadar kawasan wisata kuliner biasa, disini juga terdapat beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Seperti memancing, berkeliling danau dengan perahu wisata, atau mungkin kamu ingin berenang? Objek wisata di Cirebon ini adalah destinasi ideal untuk dikunjungi bersama keluarga!

  • Lokasi: Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kota Cirebon.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata di Cirebon yang bisa kamu pilih untuk mengisi waktu liburan! Jangan lupa ikuti terus perkembangan info-info menarik seputar destinasi wisata lainnya!