Singapura merupakan salah satu negara tetangga yang paling banyak dijadikan destinasi wisata luar negeri oleh masyarakat Indonesia. Negara ini memiliki banyak objek wisata terkenal yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wahana permainan, tempat hiburan dan rekreasi, theme park, wisata alam, dan wisata kuliner. Selain itu, kita juga bisa menemukan berbagai macam souvenir dan kudapan yang bisa dijadikan oleh oleh khas Singapura!

1. Miniatur Patung Merlion

via: PriceArea

Kamu mungkin sudah cukup akrab dengan ikon nasional Singapura yang berupa ikan duyung berkepala singa. Ikon ini bernama Merlion (Mermaid-Lion). Kepala singa pada ikon tersebut melambangkan nama asli negara ini, Singapura, yang dalam bahasa Melayu berarti ‘Kota Singa’. Sedangkan tubuh ikan mencerminkan awal mula peradaban Singapura yang merupakan desa nelayan bernama Tamasek atau ‘Kota Laut’ dalam bahasa Jawa Kuno.

Miniatur patung Merlion bisa dengan mudah ditemukan di berbagai kawasan wisata di Singapura. Ada yang berupa gantungan kunci, magnet kulkas, dan juga pajangan dengan berbagai ukuran. Harganya pun cukup bervariatif, mulai dari S$2 sampai dengan S$10. Sedangkan di Chinatown souvenir dengan figur Merlion dibandrol mulai dari S$10 per 3 buah, tergantung ukuran dan bahan dasar.

2. Cokelat Merlion

via: google

Selain miniatur, ada pula kudapan khas Singapura yang sama-sama berbentuk figur Merlion, yaitu Cokelat Merlion! Oleh oleh khas Singapura yang satu ini sangat cocok untuk dibawa pulang, kamu bisa memilih berbagai varian rasa yang dipadukan dengan cokelat lezat, mulai dari almond chocolate, milk chocolate, white chocolate, dll.

Harga Cokelat Merlion dibanderol mulai dari S$9 hingga S$12 atau sekitar Rp93.000 sampai Rp124.000. Makanan ini sebenarnya bisa dengan mudah dijumpai di berbagai tempat, tapi kalau kamu ingin mendapatkannya dari tempat terbaik, kamu bisa mengunjungi Mustafa Centre yang berlokasi di Kampung India (Little India).

3. Singapore Sling

via: Bigsta

Apa kamu pernah mencicipi brem cair khas Bali? Nah, minuman khas Singapura yang satu ini bisa dibilang mirip seperti brem cair, dengan komposisi dan bahan dasar yang berbeda tentunya! Singapore Sling awalnya dibuat sebagai minuman ringan untuk wanita. Minuman ini sudah ada sejak tahun 1913-1915 dan pertama kali diciptakan oleh seorang bartender di Raffles Hotel bernama Ngiam Tong Boon.

Komposisinya terdiri dari gin (minuman beralkohol hasil fermentasi serealia), air soda, cherry, lemon, dll. Minuman ini berwarna merah muda dan memiliki cita rasa manis sekaligus menyegarkan. Kalau kamu ingin mencicipinya sekaligus membawa beberapa botol sebagai oleh oleh khas Singapura, sebaiknya kamu membelinya langsung di Raffles Hotel, agar kualitas dan keasliannya terjamin! Menurut informasi yang beredar, Singapore Sling dibandrol harga mulai dari S$30 (sekitar 312 ribu rupiah).

4. Bakkwa

via: beechenghiang.com.sg

Kalau kamu sedang mencari makanan enak untuk dijadikan oleh-oleh tapi tetap awet dan tahan lama, bakkwa adalah rekomendasi yang tepat! Makanan ini terbuat dari olahan daging asap dengan perpaduan bumbu khas, dan memiliki tampilan mirip seperti dendeng. Dagingnya sendiri bisa berupa daging ayam, daging babi, dll.

Salah satu merek bakkwa terbaik adalah Bee Cheng Hiang. Gerainya sendiri bisa ditemukan di berbagai daerah di seluruh Singapura. Kamu juga bisa mendapatkan bakkwa Bee Cheng Hiang di area Bandara Changi. Harga bakkwa ini dibanderol sekitar S$12.9 sampai S$24 atau setara Rp135.000 sampai Rp250.000 per porsinya. Makanan ini bisa bertahan hingga satu bulan penyimpanan, asalkan diletakkan dalam wadah tertutup dan kedap udara.

5. Royal Pudding

via: google

Kuliner khas Singapura yang satu ini juga tidak kalah populer dengan bakkwa, yaitu Royal Pudding. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh, khususnya bagi penyuka makanan manis. Royal Pudding dikemas dalam toples kaca berukuran kecil. Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih, seperti Royal Pudding Original, Yuzu Royal Pudding, Lychee Rose Royal Pudding, dan Royal Pudding Original, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang langsung ke Paris Baguette Cafe yang berlokasi di Wisma Atria, Orchard Road. Harganya pun cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari S$4 atau setara 41 ribu rupiah. Simpan Royal Pudding di tempat dingin atau di lemari es, agar bisa tahan lama sampai kamu membawanya pulang.

6. Pasta Laksa

via: carlsbadcravings.com

Ingin mencicipi hidangan pasta yang bisa sekaligus dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Singapura? Kamu wajib mencoba Pasta Laksa! Pasta Laksa bisa ditemukan di berbagai restoran di Singapura, dan pasta lezat ini juga sudah banyak tersedia dalam kemasan siap saji. Terdapat banyak merek pasta laksa yang bisa kita pilih. Tapi satu sama lainnya sama-sama memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda, gurih dan bertekstur kental seperti kari.

Kamu bisa mengunjungi supermarket-supermarket dan gerai oleh oleh yang ada di Changi Airport untuk mendapatkannya. Harganya pun cukup murah, hanya berkisar dari S$5 sampai S$10 saja, atau setara Rp54.000 sampai Rp104.000 saja.

7. Teh TWG

via: google

Sejumlah merek teh internasional termasuk TWG memang sudah bisa kita jumpai di Indonesia. Untuk TWG sendiri bahkan sudah membuka outlet-nya di pusat perbelanjaan Pacific Place di Jakarta. Tetapi,  sebagai produk teh kebanggaan Singapura, teh TWG tetap layak dijadikan oleh oleh khas Singapura. Kalau kamu ingin mencoba teh TWG yang 100% Singapura, pilih lah produk Singapore Breakfast Tea.

Teh dengan kualitas rasa yang eksklusif ini dibandrol seharga S$26.8 per satu kotak dengan isi 15 kantong, atau setara 280 ribu rupiah. Kendati cukup mahal, cita rasa yang akan kamu dapatkan jelas sebanding dengan harga yang ditawarkan. Apalagi kalau kamu seorang penikmat teh sejati!

Bagaimana? Sudah kamu tentukan oleh oleh mana saja yang akan kamu bawa setelah berlibur di Singapura? Ikuti terus penjelajahan selanjutnya untuk mendapatkan info-info menarik seputar destinasi wisata.