Wisata Bali Barat – Membahas objek wisata di Pulau Bali memang seakan tidak ada habisnya, selalu saja ada hal-hal baru yang menarik untuk kita telusuri. Di segala penjuru daerah di Pulau Bali, setidaknya terdapat lebih dari satu objek wisata di satu kawasan sekaligus. Dan jika kita jumlahkan dari total seluruh desa, kelurahan, kecamatan, sampai kabupaten di pulau ini, kira-kira ada berapa objek wisata yang bisa kita jelajahi? Yang jelas kita akan membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu untuk mendatanginya satu per satu.

Kalau kamu tertarik untuk menjelajahi setiap inci dari Pulau Bali, sebaiknya kamu pilih wilayah Bali Barat sebagai garis start-nya! Karena disini terdapat sejumlah objek wisata alam menarik yang bisa menjadi awal sempurna untuk perjalanan wisatamu.

1. Pantai Yeh Leh

via: travelingyuk.com

Sebagai pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya, destinasi ini sangat cocok dijadikan titik awal perjalanan wisatamu! Pantai Yeh Leh adalah pantai yang cukup unik, karena disini lebih didominasi oleh bebatuan yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Waktu yang ideal untuk berkunjung kesini yaitu pada sore hari, sambil menikmati pemandangan sunset, kita juga bisa berjalan-jalan menyusuri setiap sudutnya! Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, Pengeragoan, Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Taman Nasional Bali Barat (TNBB)

via: mldspot

Wisata Bali Barat selanjutnya adalah Taman Nasional Bali Barat (TNBB), satu-satunya taman nasional di Pulau Bali yang menjadi pusat konservasi burung Jalak Bali. Di lokasi ini kita bisa melihat-lihat sekaligus mempelajari tentang satwa-satwa langka. Selain itu, pantai dan lingkungan alam di sekitar taman nasional ini juga sangat menarik untuk kita jelajahi!

3. Air Terjun Juwuk Manis

via: Deskgram

Di Bali bagian barat terdapat sejumlah air terjun alami yang sangat cantik, salah satunya adalah Air Terjun Juwuk Manis yang berlokasi di Jembrana. Walaupun air terjun ini tidak begitu tinggi, namun air terjun ini tak pernah kering bahkan pada musim kemarau! Lokasinya yang belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan akan membuatmu lebih leluasa bersantai di tempat ini.

4. Pantai Soka

via: kintamani.id

Pantai Soka memiliki pemandangan langka dimana pasir hitam dan kawasan hijau di sekitarnya berpadu menjadi sesuatu yang epic. Background cantik itu dihiasi lagi dengan gulungan bukit di satu sisi serta pemandangan puncak Gunung Agung di sisi lainnya. Wisata Bali Barat ini menyimpan sebuah legenda, tentaing perairan dan batu karang besar yang dipercaya merupakan panci memasak yang pernah digunakan ksatria Bali, Kebo Iwa. Pantai ini adalah destinasi yang sempurna kalau kamu senang menjelajahi misteri di suatu tempat. Cobalah telusuri formasi bebatuan karangnya dan temukan sebuah gua rahasia disana!

5. Bukit Batu Kursi

via: twoandahalfbackpacks.wordpress.com

Bukit Batu Kursi menawarkan pemandangan alam hijau Bali Barat dari ketinggian yang sempurna! Pengunjung bisa berjalan menyusuri track pejalan kaki yang melintang di sepanjang bukit yang dikelilingi ilalang hijau nan cantik. Sambil berjalan-jalan, kamu bisa menyaksikan panorama perbukitan di sekitarnya, dan jangan lupa untuk berfoto sebanyak-banyaknya! Karena pemandangan disini bukan lah sesuatu yang bisa kita temukan setiap hari, terutama kalau kamu tinggal di perkotaan!

6. Gereja Palasari (Gereja Paroki Hati Kudus Yesus)

via: kintamani.id

Wisata Bali Barat berikutnya adalah Gereja Palasari, sebuah gereja bernuansa Gothic yang dipadukan dengan arsitektur khas Bali! Gereja ini dibangun pada tahun 1953 sampai 1958. Kehadiran gereja megah dan indah di tengah-tengah komunitas masyarakat beragam Hindu seakan menjadi pemandangan unik tersendiri, yang menggambarkan ke-bhineka-an masyarakat Indonesia! Kini, gereja yang bernama asli Paroki Hati Kudus Yesus ini memiliki 1.400 jemaat lebih.

7. Pantai Madewi

via: jembranakab.go.id

Kalau kamu seorang pecinta olahraga air, sebaiknya kamu lanjutkan perjalananmu ke Pantai Madewi yang berlokasi di Desa Madewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Ombak disini sangat ideal untuk berselancar, sekaligus berjalan-jalan berkeliling pesisir pantai sambil menikmati pemandangan alami Pantai Madewi!

8. Air Terjun Batu Belah

via: balikami.com

Air terjun ini berada di tengah-tengah himpitan sebuah batu yang terbelah dua di Desa Dewasana, Banjar Pandem, Jembrana. Kalau kamu senang menjelajahi tempat-tempat terisolasi dan tersembunyi, air terjun ini sangat direkomendasikan untuk kamu coba! Perjalanan panjang mu tidak akan sia-sia begitu tiba di lokasi, karena disini pengunjung akan menemukan sebuah air terjun mini yang mengalir menuju sebuah kolam alami melalui dua batu yang terbelah!

9. Air Terjun Yeh Buah

via: google

Air terjun ini memiliki ciri khas unik yang jarang ditemukan di lokasi air terjun lainnya! Kalau kamu perhatikan, tekstur dinding batuan hitam yang menjadi tempat air mengalir tampak seperti tekstur yardang, yaitu barisan bukit indah yang terbentuk akibat abrasi angin. Air terjun ini mengalir dari ketinggian 10 meter menuju sebuah kolam di dasarnya. Menariknya lagi, Air Terjun Yeh Buah belum terlalu populer di kalangan wisatawan, sehingga lingkungan di sekitarnya masih terjaga dan alami!

10. Puncak JR

via: TripZilla Indonesia

Kondisi alam Bali Barat memang masih cukup terawat dan masih banyak ditumbuhi pepohonan, maka jangan heran kalau disini kamu akan menemukan banyak sekali spot wisata yang masih sangat alami, seperti Puncak JR! “JR” adalah singkatan dari “Jumpa Remaja”, karena tempat ini memang sering dikunjungi muda mudi Bali untuk menghabiskan waktu sambil menikmati panorama alamnya! Dari atas ketinggian, terdapat sebuah gardu pandang dimana kita bisa menyaksikan pemandangan hutan perawan dan barisan bukit-bukit yang sangat cantik!

11. Sungai Gelar Palungan

via: Deskgram

Kalau di Desa Ubud terdapat Sungai Ayung yang terkenal dengan keindahannya, di wilayah Bali Barat juga ada sebuah sungai yang tak kalah indah! Yaitu Sungai Gelar Palungan. Di sungai ini terdapat banyak batuan besar di sepanjang aliran sungainya, wisatawan bisa mencoba melakukan river tubing menyusuri sungai ini atau sekedar merendam kaki sambil merasakan air pegunungan yang sangat menyegarkan!

12. Pantai Karang Sewu

via: google

Tak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk, ternyata ada sebuah pantai cantik yang belum banyak diketahui! Pantai itu bernama Pantai Karang Sewu! Tepian pantai ini dipenuhi rerumputan dengan pemandangan teluk yang sangat mempesona. Suasana di Pantai Karang Sewu juga sangat tenang dan damai. Kalau kamu ingin menyusuri pantai ini, kamu bisa menyewa perahu tradisional sambil mengelilingi hutan mangrove. Atau mungkin kamu ingin berkemah? Pantai Karang Sewu juga merupakan lokasi yang cocok untuk berkemah!

13. Pulau Menjangan

via: kintamani.id

Wisata Bali Barat yang terkahir sebaiknya jangan kamu lewatkan! Salah satu lokasi diving terbaik di Pulau Bali ini terletak di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Bali Barat, tepatnya di area pantai. Lingkungan bawah laut di Pulau Menjangan masih sangat alami dan perawan, terdapat berbagai jenis terumbu karang yang tersebar di seluruh perairannya. Kondisi air laut disini luar biasa jernih, ada pula ngarai bawah laut megah dengan dinding yang dipenuhi koral dan menjulang 40 meter ke bawah laut!

Itulah 13 rekomendasi objek wisata Bali Barat yang bisa kamu jadikan referensi petualanganmu! Ikuti juga penjelajahan selanjutnya untuk mendapatkan info-info menarik seputar destinasi wisata menarik lainnya!