Bedugul, Pantai Lovina, Pemandian air panas Desa Banjar, adalah beberapa objek wisata terkenal yang terletak di utara Pulau Bali. Namun, jangan sampai kamu melewatkan objek wisata Bali Utara lainnya. Pasalnya, masih ada beberapa tempat yang menyimpan sesuatu yang belum tentu bisa kita dapatkan di tempat lain! Mulai dari air terjun, infinity pool dengan pemandangan alam, sampai bangunan megah dengan sejuta misteri di dalamnya!

Dengan lokasinya yang tersembunyi, Bali Utara seakan menjadi wilayah istimewa, terutama kalau kamu sedang mencari lokasi liburan yang tenang, sunyi, sekaligus unik!

1. Pantai Lovina

via: travelinghematnusantara

Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata Bali utara yang paling populer, bahkan sudah cukup dikenal hingga ke mancanegara! Disini kamu bisa menemukan sesuatu yang jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya, yaitu aksi sekawanan lumba-lumba yang hilir mudik setiap pagi dan sore hari!

Kalau kamu tertarik untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba tersebut, kamu bisa menggunakan jasa tur lumba-lumba di Agung Beach Inn. Mereka menawarkan biaya yang cukup murah, hanya sekitar 100 ribu rupiah saja!

  • Lokasi: Desa Kalibukbuk, Buleleng, Bali Utara.
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: –

2. Puncak Wanagiri

via: backpackerjakarta.com

Tempat wisata dengan spot selfie terbaik selalu menjadi favorit banyak wisatawan, dan tempat itu bisa kita temukan juga di Bali Utara! Salah satunya adalah Puncak Wanagiri. Tempat ini menawarkan wisata alam pegunungan dengan pemandangan yang sangat indah! Dari atas puncak, wisatawan bisa melihat pemandangan dua yang saling bersisian, yaitu Danau Buyan dan Danau Tamblingan!

Di sekitar danau tersebut kita akan menemukan perbukitan yang mengelilingi danau, pemandangan ini tentu bukan sesuatu yang bisa kita temukan setiap hari! Disini juga terdapat beberapa spot foto unik berupa ayunan, sangkar burung, blok kayu seluas 3 meter persegi, dll. Kalau kamu datang kesini, jangan lupa untuk berfoto sebanyak-banyaknya!

  • Lokasi: Jalan Raya Wanagiri, Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali Utara.
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp10.000 (dewasa) Rp5.000 (anak)

3. Pemandian Air Panas Banjar

via: banjarhotspring.co.id

Dengan lokasinya yang dikelilingi taman dan perbukitan, pemandian ini memiliki nilai keindahan yang istimewa! Sambil menikmati air panas bersuhu 37 derajat celsius yang mengalir melalui mulut naga, kita bisa bersantai menikmati keindahan alam sekitar! Berendam di pemandian air panas ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, merelaksasi otot, dan juga mencerahkan kulit.

Pemandian Air Panas Banjar memiliki 3 kolam utama dengan berbagai ukuran dan kedalaman. Di setiap kolam juga terdapat pancuran air berbentuk kepala naga! Kalau kamu ingin berkunjung, sebaiknya kamu datang sejak pagi, karena tempat ini selalu dipenuhi pengunjung memasuki waktu siang.

  • Lokasi: Jl. Banjar, Desa Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali Utara.
  • Jam Operasional: 09.00 – 17.00
  • HTM: Rp20.000

4. Air Terjun Gitgit

via: Wira Rental Mobil Bali

Tempat wisata Bali Utara selanjutnya adalah Air Terjun Gitgit, sebuah lokasi air terjun unik dengan pemandangan alam indah! Air terjun ini mengalir dari ketinggian 35 meter. Untuk mencapai lokasinya, kamu perlu menuruni anak tangga dan melakukan sedikit trekking menyusuri sawah dan perkebunan. Walaupun lokasinya cukup sulit dijangkau, semua usaha kita akan terbayar lunas begitu tiba di lokasi salah satu air terjun tertinggi di Bali ini!

Dengan kontur geografisnya yang artistik, Air Terjun Gitgit juga sering dijadikan spot fotografi oleh para fotografer! Di lokasi ini tidak hanya terdapat 1 air terjun saja, melainkan 3 air terjun sekaligus! Yakni Air Terjun Kembar, Air Terjun Bertingkat, dan Air Terjun Colek Pamor. Kalau kamu yang ingin berkunjung ke sini tapi tidak mengetahui jalurnya, kamu bisa menggunakan jasa pemandu lokal.

  • Lokasi: Jalan Raya Bedugul – Singaraja, Desa Gitgit, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali Utara.
  • Jam Operasional: –
  • HTM: Rp5.000 – Rp10.000

5. Air Terjun Sekumpul

via: theworldtravelguy.com

Kalau kamu senang berpetualang menyusuri alam, kamu wajib coba berkunjung ke Air Terjun Sekumpul! Walaupun lokasi ini sudah cukup terkenal, karena akses jalannya yang sulit dilalui membuat air terjun ini jarang dikunjungi wisatawan. Untuk menuju lokasi, kita harus berjalan menyeberangi sungai dan melintasi medan terjal yang licin.

Tapi kamu bisa meminta bantuan warga sekitar untuk menunjukan rute menuju lokasi air terjun dengan memberikan sedikit upah. Disini terdapat 7 air terjun sekaligus dengan ketinggian bervariasi! Salah satu yang tertinggi mengalir dari ketinggian 50 meter. Belum lagi kondisi alam sekitarnya yang sangat mempesona, usaha kita berjauh-jauh datang kemari dijamin tidak akan sia-sia!

  • Lokasi: Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng Bali Utara.
  • Jam Operasional: –
  • HTM: Rp10.000

6. Pura Ulun Danu Beratan

via: shutterstock.com

Objek wisata Bali Utara yang satu ini adalah salah satu ikon pariwisata paling populer di Bali selain Garuda Wisnu Kencana. Di kalangan masyarakat Hindu Bali, Pura Ulun Danu Beratan adalah pura utama kedua setelah Pura Besakih. Pura ini didedikasikan kepada Dewi Danu, yaitu dewi penguasa danau dan sungai. Sebagai informasi, dalam teori keseimbangan Rwa Bhineda (Yin-Yang versi Bali), Pura Ulun Danu Beratan mewakili sosok feminin, sedangkan Pura Besakih adalah sosok maskulin.

Pembangunannya dilakukan pada tahun 1634 atas perintah I Gusti Agung Putu (Raja Kerajaan Mengwi). Arsitektur pura ini juga sangat indah, terdapat tempat pemujaan yang terbuat dari kayu dengan bentuk seperti pagoda, serta atap bangunan yang terdiri dari 11 tingkatan.

  • Lokasi: Jalan Raya Candi Kuning, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali Utara.
  • Jam Operasional: 08.00 – 18.00
  • HTM: Rp15.000 (anak) – Rp20.000 (dewasa)

7. Taman Rekreasi Hotel Bedugul

via: thebalibible.com

Selanjutnya ada sebuah bangunan megah dengan berbagai misteri yang menyelimutinya, yaitu Hotel P.I Bedugul atau Taman Rekreasi Hotel Bedugul! Sebenarnya, tempat ini bukanlah sebuah objek wisata, melainkan proyek tua yang gagal beroperasi. Konon, pemilik Taman Rekreasi Hotel Bedugul ini adalah putra kedua Presiden Soeharto, yaitu Tommy Soeharto.

via: dream.co.id

Awalnya, bangunan yang sudah rampung ini hendak dioperasikan, tapi pada tahun 2002 saat terjadi peristiwa Bom Bali, tiba-tiba proyeknya dihentikan dan bangunan megah ini dibiarkan terbengkalai selama belasan tahun. Dan hingga saat ini, tidak ada yang bisa menjelaskan secara pasti tentang penyebabnya. Seiring dengan berjalannya waktu, kisah-kisah mistis mulai menyelimuti hotel ini, terutama tentang sosok wanita misterius yang sering menampakan diri kepada pemuda yang melintas.

via: kintamani.id

Hingga pada akhirnya, orang-orang mulai menjuluki bangunan ini sebagai “Ghost Palace Hotel” dan menjadi salah satu tempat angker paling populer di Indonesia. Buat kamu yang lebih tertarik dengan wisata misteri, silakan datang dan jelajahi area hotel ini. Tapi ingat, jangan melakukan hal-hal yang membahayakan keselamatan ya!

  • Lokasi: Batunya, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali Utara.
  • Jam Operasional: –
  • HTM: –

Itulah beberapa tempat wisata Bali Utara yang bisa kamu jadikan referensi perjalanan wisatamu! Ikuti juga penjelajahan berikutnya untuk mendapatkan info-info menarik seputar destinasi wisata unik lainnya!