Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, Kota Pahlawan memiliki berbagai objek dan sarana wisata yang cukup mengundang minat wisatawan. Dengan lebih dari 100 tempat wisata yang masih terus berkembang hingga sekarang, kota ini semakin menarik saja untuk dijelajahi!

Dan kali ini, kita akan mengulas 10 tempat dan sarana wisata malam di Surabaya, seperti tempat makan, taman, pasar malam, bangunan ikonik terkenal, cafe dan angkringan pinggir jalan dengan harga bersahabat sekaligus Instagramable!

1. Suroboyo Carnival Park

via: cintaihidup.com

Suroboyo Carnival Park hadir dengan konsep pasar malam modern. Tempat wisata malam di Surabaya ini memiliki fasilitas dan wahana yang sangat lengkap. Ada outlet-outlet kuliner yang menawarkan berbagai hidangan lezat, gift shop, stand produk fashion, dan 50 wahana permainan dalam 4 kategori berbeda. Setiap pengunjung akan dimanjakan dengan tata ruang yang sangat indah dengan gemerlap cahaya warna-warni di setiap sudutnya!

  • Lokasi: Jl Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya.
  • Jam Operasional: 15.00 – 23.00
  • HTM: Weekday (Rp60.000) Weekend (Rp80.000)

2. Food Festival Pakuwon City

via: InfoSurabaya

Sesuai dengan namanya, Food Festival Pakuwon City memang benar-benar layak disebut sebuah festival kuliner! Karena disini kita bisa mencicipi ratusan jenis kuliner dengan lebih dari 100 stand/gerai makanan berkonsep pujasera. Selain itu, food court yang telah berdiri sejak 2008 ini memiliki fasilitas tambahan berupa becak mini dan sepeda sewaan! Setelah perut kenyang, kita bisa jalan-jalan melihat spot-spot unik di tempat ini!

  • Lokasi: Pakuwon City, Jl. Raya Laguna KJW Putih Tambak No.2, Kejawaan Putih Tamba, Mulyorejo, Surabaya.
  • Jam Operasional: 17.30 – 23.00
  • Harga: Mulai dari Rp20.000/orang

3. Taman Pelangi

via: phinemo.com

Taman Pelangi adalah salah satu dari sekian taman cantik di Surabaya yang bernuansa asri. Tempat ini akan jauh terlihat lebih indah di malam hari, dengan sorotan lampu warna-warni yang menghiasi 31 lengkungan bingkai monumennya! Itulah sebabnya taman ini disebut sebagai Taman Pelangi. Taman ini memiliki kesan yang begitu romantis, maka tak heran jika banyak muda-mudi setempat yang berkunjung kesini. Kalau kamu lapar, di sekitar area taman terdapat berbagai kuliner khas kaki lima yang bisa kamu coba, tapi ingat, sampahnya jangan dibuang sembarangan ya!

  • Lokasi:  Jl. Ahmad Yani No. 138, Gayungan, Surabaya.
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: –

4. Jembatan Nasional Suramadu

via: nettik.net

Jembatan Nasional Suramadu adalah jalan penghubung antara pulau Jawa dengan Madura yang melintang di atas perairan selat Madura. Tempat ini juga memiliki daya tarik tersendiri, terutama pada sore menjelang malam. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan pemandangan sunset cantik, dan ketika malam menjelang, gemerlap lampu di sepanjang jembatan 5,5 km ini akan terlihat begitu artistik, membuat siapapun terkagum-kagum ketika menyaksikannya. Disini juga tersedia tempat makan, spot foto, layanan tour menggunakan perahu nelayan, toko souvenir & oleh-oleh, toilet umum, dll.

  • Lokasi: Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya.
  • Jam Operasional: Setiap hari (24 jam)
  • HTM: –

5. Surabaya North Quay

via: womanblitz.com

Tak jauh dari lokasi Jembatan Nasional Suramadu, kamu bisa menemukan sebuah tempat wisata baru yaitu Surabaya North Quay (SNQ). Dari tempat ini kita bisa menyaksikan pemandangan laut dengan kapal-kapal yang berlalu lalang di sekitarnya, karena tempat ini masih berada satu lokasi dengan pelabuhan Tanjung Perak Selayang Pandang. SNQ menempati lantai 2 dan 3 Gedung Gapura Surya Nusantara, yang terbagi menjadi 2 area. Di masing-masing lantai terdapat berbagai suguhan menarik, mulai dari Pop Market, booth dan galeri seni, food court, spot foto, dan layanan keliling Selat Madura menggunakan kapal Cruise.

  • Lokasi: Gedung Gapura Surya Nusantara Lt. 2 & 3, Pelabuhan Tanjung Perak Selayang Pandang, Jalan Perak Timur, Surabaya.
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu (11.00 – 21.00)
  • HTM: Motor (Rp5.000) Mobil (Rp7.500)

6. Loop Surabaya

via: google

Tempat ini bisa dibilang sebagai pujasera modern, dengan konsep ruang outdoor yang mendominasi. Loop Surabaya berada di jalan Lingkar Dalam Barat, Graha Family Surabaya. Tempat ini memiliki sajian kuliner yang cukup lengkap, mulai dari menu western, menu lokal, menu oriental, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin menikmati masakan khas Indonesia, kamu bisa menemukannya di Valley Zone, kemudian untuk makanan ala Timur Tengah berada di Rock Zone, dan hidangan western berada di City Zone. Tapi kalau kamu sekadar ingin ngopi sambil bersantai di cafe, kamu bisa menuju area Hill Zone.

  • Lokasi: Jl. Lingkar Dalam, Dukuhpakis, Surabaya.
  • Jam Operasional: 08.00 – 24.00
  • Harga: Mulai dari Rp35.000/orang (satu porsi lengkap)

7. De Javu Cafe & Eatery

via: sureplus.id

Cari tempat nongkrong yang buka 24 jam dengan harga murah meriah? De Javu Cafe & Eatery bisa kamu coba! Cafe ini sangat pas untuk dijadikan spot ngopi santai ataupun sekadar kumpul-kumpul bersama teman, menu yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari nasi goreng, spaghetti bolognese, rice bowl, omelet, Aglio e Olio Fettucini, salad, roti bakar, sosis bakar, dan masih banyak lagi! Yang membuatnya semakin menarik adalah, harga menu di cafe ini rata-rata dipatok mulai dari 20 ribu sampai 50 rupiah saja untuk satu porsi plus minumannya!

  • Lokasi: Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 33, Ngagel, Surabaya.
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: –

8. Rolag Cafe Karah

via: nyero.id

Rolag Cafe berlokasi di Jl. Karah blok E-2 No.6, Kota Surabaya. Tempat ini sudah cukup populer di kalangan warga lokal, khususnya muda mudi setempat. Cafe ini buka dari pagi hingga larut malam, dengan suasana santai khas angkringan malam, Rolad Cafe sangat cocok untuk tempat ngopi dan berkumpul bersama teman. Hidangan menu yang ditawarkan pun cukup bervariatif, mulai dari menu khas angkringan, olahan ayam, sosis, bakmie, snack, hingga aneka olahan minuman berbasis kopi atau susu. Kalau kamu datang di waktu yang tepat, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan live music disini!

  • Lokasi: Jl. Karah No.6, Blok E-2, Jambangan, Surabaya.
  • Jam Operasional: 09.00 – 23.00
  • Harga: Dibawah Rp50.000/orang

9. Cafe Petangkringan

via: nyero.id

Selanjutnya ada cafe yang buka semalaman suntuk dengan konsep ruang terbuka plus tempat duduk lesehan ala angkringan, yaitu Cafe Petangkringan! Tempat ini sangat cocok dikunjungi pada malam hari, apalagi bersama rombongan. Disini ada fasilitas free Wi-Fi, proyektor untuk nobar alias nonton bareng, dan juga terminal charger di setiap sudut ruangan! Buat kamu yang sedang mencari cafe nyaman untuk kopdar atau sekadar kumpul-kumpul, cafe ini bisa kamu coba. Jangan khawatir soal harga, karena menu yang ditawarkan disini hanya dipatok di bawah 50 ribu rupiah saja untuk satu porsi lengkap!

  • Lokasi: Jl. Tenggilis Mejoyo AI No.1, Kali Rungkut, Surabaya.
  • Jam Operasional: 10.00 – 02.00
  • Harga: Dibawah Rp50.000/orang

10. Cakcuk Cafe

via: cakcukcafesurabaya.business.site

Cakcuk sebetulnya merupakan produsen merchandise khas Surabaya, mirip seperti Joger di Bali. Kemudian pada tahun 2017 silam, Cakcuk secara resmi membuka cabang bisnisnya di bidang kuliner dengan nama Cakcuk Cafe di Jalan Raya Ahmad Yani No.263 C. Di setiap sudut ruangan cafe, kita akan menemukan berbagai ungkapan-ungkapan khas Arek Suroboyo yang khas. Kalau kamu ingin membeli merchandise-nya, disini juga telah tersedia Cakcuk  Store. Cafe ini menawarkan berbagai kuliner khas Surabaya, seperti lontong kupang, penyetan, rujak cingur, dsb.

  • Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 263C, Wonocolo, Surabaya.
  • Jam Operasional: Weekday (11.00 – 23.00) Weekend (09.00 – 23.00)
  • Harga: Dibawah Rp50.000/orang